PENGERTIAN WIRASWASTA DAN KEWIRAUSAHAAN

A.    Pengertian Wiraswasta
Wiraswasta berasal dari bahasa Sansekerta,terdiri dari tiga suku kata : “wira“, “swa“, dan “sta“. Wira berarti manusia unggul, teladan, tangguh, berbudi luhur, berjiwa besar, berani, pahlawan, pionir, pendekar/pejuang kemajuan, memiliki keagungan watak. Swa berarti sendiri, dan Sta berarti berdiri.
Wiraswasta bersrti sifat-sifat keberanian, keutamaan, dan keteladanan dalam mengambil resiko yang bersumber pada kemampuan sendiri. Dalam Kamus BesarBahasa Indonesia (1994), mengartikan wiraswasta yang mengidentikan dengan wirausaha, yaitu : “Orang yang pandai atauberbakan mengenaliproduk baru, menentukan cara produksibaru, menyusun operasi untuk pengadaan produk baru, memasarkannya, serta mengatur pemodalan operasinya“.
M.J. Jhingan (Astim Riyanto dan Arifah,2000:3), mengungkapkan bahwa “wiraswasta“ atau “pengusaha“ diambil dari bahasa Perancis entrepreneur yang pada mulanya berarti pemimpin musik atau pertunjukkan lainnya. Dalam ilmu ekonomi, seorang pengusaha berarti seorang pemimpin ekonomi yang memiliki kemampuan untuk mendapatkan peluang secara berhasil memperkenalkan mata dagangan baru, teknik baru, sumber pemasukan baru, serta pabrik, peralatan, manajemen, tenaga buruh yang diperlukan dan mengorganisasikannya ke dalam suatu teknik pengoperasian perusahaan. Pengertian entrepreneur adalah mereka yang memulai sebuah usaha baru dan yangberani menanggung segala macam risiko serta mereka yang mendapatkan keuntungan.
Dapat disimpulkan bahwa istilah wiraswasta dan wirausaha berasal dari istilah yang sama yaitu entrepreneur. Oleh karena itu, istilah wirausaha dapat diartikan  sebagai  manusia  unggulyang  mampu  melakukan  kegiatan/pekerjaan untuk  mencapai  suatu  maksud  yang  dalam  bidang  perdagangan/perusahaan dengan maksud mencari untung, bahkan mampu membantu terutama dalam menciptakan lapangan kerja bagi orang lain.

B.    Pengertian Kewirausahaan
Dalam mengartikan kewirausahaan terlebih dahulu harus memahami arti dari wirausaha dan wirausahawan. Wirausaha dari segi etimologi berasal dari kata wira  dan  usaha.  Wira,  berarti  pejuang,  pahlawan,  manusia  unggul,  teladan, berbudi luhur, gagah berani danberwatak agung. Usaha, berarti perbuatan amal, berbuat sesuatu. Wirausahawan menurut   Joseph Schumpeter (1934) adalah seorang  inovator  yang  mengimplementasikan  perubahan-perubahan  di  dalam pasar melalui kombinasi-kombinasi baru.
Kombinasi baru tersebut bisa dalam bentuk :
a)      memperkenalkan produk baru,
b)      memperkenalkan metode produksi baru,
c)      membuka  pasar  yang  baru  (new  market),
d)     memperoleh  sumber pasokan baru dari bahan atau komponen baru, atau
e)      menjalankan organisasi baru pada suatu industri.
Dari arti wirausaha dan wirausahawan tersebut, maka kewirausahaan dapat diartikan sebagai berikut :
a.   Kewirausahaan adalah suatu nilai yang diwujudkan dalam perilaku yang dijadikan dasar sumber daya, tenaga penggerak, tujuan, siasat, kiat, proses dan hasil bisnis (Achmad Sanusi, 1994).
b.     Kewirausahaan adalah suatu kemampuan untuk menciptakan sesuatu yang baru dan berbeda (ability to create the new and different). (Drucker, 1959).
c.   Kewirausahaan adalah suatu proses penerapan kreativitas dan inovasi dalam memecahkan persoalan dan menemukan peluang untuk memperbaiki kehidupan. (Zimmerer, 1996).
d.  Kewirausahaan adalah suatu nilai yang diperlukan untuk memulai suatu usaha (star-up phase) dan perkembanganusaha (venture growth). (Soeharto Prawiro,1997).
e.   Kewirausahaanadalah semangat, sikap, perilaku, dan kemampuan seseorang dalam menangani usaha atau kegiatan yang mengarah pada upaya mencari, menciptakan, serta menerapkan cara kerja, teknologi dan produk baru dengan meningkatkan efisiensidalam rangka memberikan pelayanan yang lebih baik danatau memperoleh keuntungan yang lebih besar. (Keputusan Menteri Koperasi dan Pembinaan Pengusaha Kecil Nomor 961/KEP/M/XI/1995).
f.  Kewirausahaan adalah suatu kemampuan (ability)dalam berfikir kreatif dan berperilaku inovatif  yang  dijadikan  dasar,  sumber  daya,  tenaga  penggerak tujuan, siasat kiat dan proses dalam menghadapi tantangan hidup. (Soeparman Spemahamidjaja, 1977).
g.  Kewirausahaan adalah suatu sifat keberanian, keutamaan dalam keteladanan dalam mengambil resiko yang bersumber pada kemampuan sendiri. (S.Wijandi, 1988).
h.   Kewirausahaan   didefinisikan   sebagai   bekerja   sendiri   (self-employment). (Richard Cantillon, 1973).
Dari berbagai pendapat para ahli di atas, maka dapat disarikan bahwa pengertian kewirausahaan adalah sebuah proses mengkreasikan dengan menambahkan nilai sesuatuyang dicapai melalui usahakeras dan waktuyang tepat dengan memperkirakan dana pendukung, fisik, resiko sosial, dan akan menerima reward berupa keuangan dan kepuasan serta kemandirian personal.
Melalui pengertian tersebut,terdapat empat ciri yang dimiliki oleh seorang wirausahawan, yaitu :
a)  Prosesberkreasi yakni mengkreasikan sesuatu yang baru dengan menambahkan nilainya. Penambahan nilai ini tidak hanya diakui oleh wirausahawan semata, tetapi juga oleh konsumen yang akan menggunakan hasil kreasi tersebut.
b)  Komitmen yang tinggi terhadap penggunaan waktu dan usaha yang diberikan. Semakin besar fokus dan perhatian yang diberikan dalam usaha ini maka akan mendukung proses kreasi yang akan timbul dalamkewirausahaan.
c)      Memperkirakan resiko yang mungkin timbul. Dalam kondisi ini resiko yang mungkin terjadi berkisar pada resiko keuangan, fisik dan resiko sosial.
d)  Memperoleh reward. Dalamhal ini reward yang terpenting adalah independensi atau kebebasan yang diikuti dengan kepuasan pribadi, sedangkan reward   berupa   uang   biasanya   dianggap   sebagai   suatu   bentuk   derajat kesuksesan usahanya.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "PENGERTIAN WIRASWASTA DAN KEWIRAUSAHAAN"

Post a Comment