Cara Kerja Pompa Sentrifugal

Setelah kita mengetahui pengertian pompa sentrifugal, komponen dan fungsi dari komponen-komponen dari pompasentrifugal, maka di sini saya akan memuat cara kerja dari pompa sentrifugal, berikut adalah cara kerja dari pompa sentrifugal.


Cara Kerja Pompa Sentrifugal

Pompa sentrifugal mempunyai impeller untuk mengangkat zat cair/fluida dari tempat yang lebih rendah ketempat yang lebih tinggi. Daya dari luar diberikan kepda poros pompa untuk memutar impeller di dalam zat cair atau fluida, maka zat cair/fluida yang ada di impeller, oleh dorongan sudu-sudu ikut berputar. Karena timbul gaya sentrifugal maka zat cair mengalir dari tengah-tengah impeller ke luar malalui saluran di antara sudu-sudu. Di sini head tekan zat cair menjadi lebih tinggi, demikian pula head kecepatannya bertambah besar karena zat cair mengalami percepatan.


Jadi impeller pompa berfungsi memeberikan kerja kepada zat cair/fluida sehinnga energy yang terkandung menjadi bertambah besar. Selisih energi persatuan berat atau head total cat cair/fluida antara saluran hisap dan saluran keluar pompa disebut head total pompa. Dari uraian di atas jelas bahwa pompa sentrifugal dapat mengubah energy mekanik dalam bentuk kerja poros menjadi energi fluida. Energy inilah yang menyebabkan pertahanan head tekanan, head kecepatan dan head potensial pada zat cair yang mengalir secara kontinyu, (sularso, 2004).

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cara Kerja Pompa Sentrifugal"

Post a Comment