MESIN MILLING

             1. Pengertian Mesin Miling

          Mesin Milling(frais) adalah alat untuk mengerjakan suatu benda dengan mempergunakan pisau frais. Mesin ini merupakan mesin yang paling mampu melakukan banyak tugas dari segala mesin perkakas. Permukaan yang datar maupun berlekuk dapat dikerjakan dimesin ini dengan menyelesaikan dan ketelitian istimewa. Jika dilihat dari cara kerjanya, mesin frais termasuk mesin peralatan yang mempunyai gerak utama berputar.
Gambar 1. Mesin Milling

Nama-nama bagian mesin frais :
a. ® Lengan, untuk kedudukan penyokongan bor
b.®  Penyokong arbor
c.®  Tuas untuk menggerakkan meja secara otomatik
d.®  Nok Pembatas untuk membatasi jarak gerakan otomatis meja.
e.®  Meja mesin, tempat untuk memasang benda kerja dan perlengkapan
f. ®  Engkol, untuk menggerakkan meja dalam arah memanjang.
g.®  Tuas untuk mengunci meja
h.®  Baut penyetel, untuk menghilangkan getaran meja
i. ®  Engkol untuk menggerakakan sendel dalam arah melintang
j. ®  Engkol untuk menggerakkan lutut dalam arah tegak.
k.®  Tuas untuk mengunci meja
l. ®  Tabung pendukung dengan batang ulir, untuk mengatur tingginya meja.
m. ®    Lutut tempat untuk kedudukan alas meja
n. ® Tuas untuk menggunci sadel.
o. ® Alas meja , tempat kedudukan meja
p. ® Tuas untuk mengubah kecepatan motor listrik
q. ® Engkol meja
r. ®  Tuas untuk menentukan besarnya putaran sadel dan pisau frais.
s. ® Tuas Untuk mengatur angka-angka kecepatan spindel dan pisau frais.
T. ® Tiang, untuk mengantar turun naiknya meja.
u. ® Spindel untuk memutar obor dan pisau frais
v.® Tuas, untuk menjalankan spindel .
               Dengan demikian frais sebagai alat pemotong berkerja berputar dan dipasang pada obor mesin. Arbor mesin didukung dengan alat pendukung arbor dan di putar oleh sumbu utama mesin. Spindel dapat berputar kekiri atau kekanan sesuai dengankeperluan. Dengan spindel yang berputar itu, dapat diatur kecepatannya tergantung dari bentuk pekerjaan dan bahan-bahan atau benda-benda kerja. Juga tergantung dari garis tengah dan kekerasan bahan frais.
Gambar 2. Frais Menyayat Benda Kerja
           
Mengerjakan sesuatu benda pada mesin frais disebut mengefrais, umpamanya mengefrais datar, mengefrais tegak, mengefrais alur dan sebagainya. Untuk melakukan penyeyatan, benda kerja dipasang pada meja kemudian meja di naikan hingga benda itu termakan/dimakan oleh pisau yang sedang berputar. Selanjutnya meja digerakkan  sesuai kebutuhan untuk memberi penyayatan yang terus menerus.
                Pada dasarnya gerakan meja mesin frais dapat dilakukan dalam dua arah, yaitu gerakan datar (membujur dan melintang) dan gerakan tegak (naik turun) juga gerakan meja ini dapat dilakukan dengan tangan atau secara otomatis.
Gambar 3. Gerakan Meja Pada Mesin Frais

                    2. Perbedaan mesin frais dengan mesin bubut.

Tidak banyak perbedaan yang terdapat antara kedua mesin ini. Bahkan secara macam pengerjaannya kedua mesin ini juga hampir sama. Namun perbedaan kedua mesin ini terdapat dalam cara kerja mesin ini. Pada mesin bubut, benda kerja digerakkan berputar oleh poros/sumbu utama sedangkan pahatnya bergerak sepanjang arah mesin (mendatar atau melintang) tatapi pada mesin frais ini pahatnya berbentuk melingkar dan dipasang pada sumbu/poros utama dan berputar dan memakan / menyayat benda kerja, sedangkan benda kerjanya berjalan bersama sepanjang alas mesin. Baik secara gerak mendatar maupun melintang dan benda kerja ini dapat diputar sesuai dengan sudut yang dikehendaki, sedangkan pada mesin bubut pahat dapat diputar sebesar sutut yang kehekendaki.

3. Macam-macam Pisau Frais

Hasil hasil bentuk perkerjaan mesin frais tergantung dari bentuk pisau frais yang dipakai. Bentuk utama pisau frais tidak berubah meskipun diasah. Tidak seperti pahat bubut yang disesuaikan menurut kebutuhannya disamping bentuk-bentuk yang sudah tetap, pisau frais disekelilingnya mempunyai gigi-gigi yang berperan sebagai mata pemotong.
Gambar 4. Macam-macam pisau frais


 

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "MESIN MILLING"

Post a Comment