Pengertian, Bahan Baku dan Keuntungan Pemakaian Biodiesel

Pengertian

Biodiesel adalah bahan bakar mesin diesel yang berupa ester metal atau etil asam-asam lemak. Dibuat dari minyak lemak nabati atau hewani dengan proses transesterifikasi ( ditambah proses pra-esterifikasi ) dengan methanol/etanol ( metanolisis atau etanolisis ).

Biodiesel merupakan bahan bakar yang terdiri dari campuran mono-alkyl ester dari rantai panjang asam lemak, yang dipakai sebagai alternative bagi bahan bakar dari mesin diesel dan terbuat dari sumber terbaharui seperti minyak sayur atau lemak hewan.

Sebuah proses dari transesterifikasi lipid digunakan untuk mengubah minyak dasar menjadi ester yang di inginkan dan membuang asam lemak bebas. Setelah melewati proses ini, tidak seperti minyak sayur langsung, biodiesel memiliki sifat pembakaran yang mirip dengan diesel (solar) dari minyak bumi, dan dapat menggantikannya dalam banyak kasus, namun lebih sering digunakan sebagi penambah untuk diesel petroleum, meningkatkan bahn bakar diesel petro murni ultra rendah belerang yang rendah pelumas.

Biodiesel merupakan kandidat yang paling dekat untuk menggatikan bahan bakar fosil sebagai energy transportasi utama dunia,karena biodiesel merupakan bahan bakar terbaharui yang dapat menggatikan diesel petrol di mesin sekarang ini dan dapat diangkut dan dijual dengan menggunakan infrastruktur sekarang ini.

Penggunaan dan produksi biodiesel meningkat dengan cepat, terutama di Eropa, Amerika Serikat, dan Asia, meskipun dalam pasar masih sebagian kecil saja dari penjualan bahan bakar. Pertumbuhan SPBU memebuat semakin banyaknya penyediaan biodiesel kepada konsumen dan juga pertumbuhan kendaraan yang menggunakan biodiesel sebagai bahan-bakar.

Keuntungan Pemakaian Biodiesel

       1.      Dihasilkan dari sumber daya energy terbarukan dan ketersediaan bahan bakunya terjamin.
       2.  Cetane number tinggi ( bilangan yang menunjukkan ukuran baik setidaknya kualitas solar                     berdasarkan sifat kecepatan bahan bakar dalam ruang bakar mesin )
      3.      Viskositas tinggi sehingga mempunyai sifat pelumasan yang lebih baik daripada solar sehingga           memperpanjang umur pakai mesin.
      4.      Dapat diproduksi secara local.
      5.      Mempunyai kandungan sulfur yang rendah. 
      6.      Menurunkan tingkat opatisi asap.
      7.      Menurunkan emisi gas buang.
     8.      Pencampuran biodiesel dengan petroleum diesel dapat meningkatkan biodegradability petroleum        diesel sampai 500 %.

Bahan Baku Biodiesel

Minyak nabati sebagai sumber utama biodiesel dapat dipenuhi oleh berbagai macam jenis tumuhan tergantung pada sumberdaya utama yang banyak terdapat disuatu temapat/Negara. Indonesia mempunyai bannyak sumber daya untuk bahan baku biodiesel.

Beberapa sumber minyak nabati yang potensial sebagai bahan baku biodiesel.





Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Pengertian, Bahan Baku dan Keuntungan Pemakaian Biodiesel"

Post a Comment