Motor Bakar Dua Langkah

Setelah kita mengetahui Klasifikasi motor bakar Torak berdasarkan Susunan Silider sekarang saya akan membahas tentang Siklus operasi Motor, motor pembakaran dalam, baik motor bensin ataupun motor diesel, dibedakan dalam 2 (dua) yaitu :
  • Motor bakar 2 (dua) Langkah
  • Motor bakar 4 (empat) Langkah
Motor Bakar Dua Langkah
Motor ini hanya membutuhkan satu kali putaran poros engkol untuk menyelesaikan satu siklus di dalam silinder. kerja atau langkah daya dihasilkan pada setiap putaran poros engkol. Motor dua langkah beroperasi tanpa katup. Sebagai pengganti katup, kebanyakan mesin dua langkah menggunakan lubang saluran di dinding silinder yang di buka dan ditutup oleh piston/torak ketika bergerak naik turun di dalam silinder. Beberapa motor dua langkah menggunakan katup pasif atau kelopak penutup yang disebut sebagai katup buluh untuk membantu menutup bak engkol setelah campuran udara/bahan bakar dihisap.

Jika pada proses motor empat langkah berlangsung di atas piston/torak, maka motor dua langkah juga memanfaatkan area dibawah piston/torak (crankcase) untuk mempercepat operasi.
Proses kompresi pada motor dua langkah terjadi dua kali setiap putaran. Kompresi pertama atau pre-compression berlangsung di dalam blok engkol, di mana campuran udara-bahan bakar ditarik ke dalam bak engkol dan selanjutnya dikompresi melalui gerakan engkol dan masuk ke uang bakar. Kompresi kedua berlangsung didalam silinder dan ruang bakar sehingga dihasilkan tekana tinggi untuk menyalakan campuran dari bahan bakar dan udara dengan bantuan dari busi yang memercikkan bunga api, sampai terjadi ledakan sehingga piston bergerak kebawah.

1. Langkah Hisap
Saat piston bergerak menuju ke (Titik Mati Atas) TMA atau setengah putaran pertama atau 180 derajat, terjadi kevakuman diruang engkol (bagian bawah piston) dan saluran masuk terbuka. Karena adanya beda tekanan tersebut, udara luar dihisap masuk dan bercampur dengan bahan bakar di karburator yang selanjutnya masuk ke ruang engkol dan proses ini disebut dengan langkah Hisap.

2. Pre-compression
Saat piston bergerak ke bawah atau TMB (Titik Mati Bawah) setengah putaran kedua atau 180 derajat menutup lubang saluran masuk dan meremas (squeezes) campuran udara-bahan bakar didalam bak engkol sehingga tekanan meningkat. Saat piston terus bergerak kebawah, saluran transfer pada silinder terbuka. Campuran bertekanan didesak naik ke atas di atas piston. Pada titik ini, saluran buang di dinding silinder di seberang saluran transfer juga terbuka.

3. Langkah Kompresi
Piston bergerak ke TMA atau menutup saluran transfer dan buang dan memanpatkan campuran udara-bahan bakar kedalam ruang bakar.

4. Langkah Usaha/Daya
Tepat sebelum mencapai TMA, busi menyalakan campuran udara dengan bahan bakar dan tekanan tinggi yang diciptakannya mendorong torak ke TMB untuk melakukan langkah daya/usaha.

5. Langkah Buang
Saat piston bergerak ke bawah atau TMB melakukan langkah daya/usaha. saluran buang dan campuran yang masuk dari saluran transfer membantu mendorong gas hasil dari pembakaran keluar dari ruang bakar mesin dan proses ini disebut Pembilasan.

Sekian Artikel Motor Bakar Dua Langkah semoga bermanfaat dan tunggu Artikel selanjutnya.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Motor Bakar Dua Langkah"

Post a Comment