Klasifikasi Motor Bakar Torak Berdasarkan Susunan Silinder

Disini saya akan menceritakan secara singkat Klasifikasi Motor Bakar Torak Berdasarkan Susunan Silinder. berikut adalah klasifikasinya.

Berdasarkan susunan dari silindernya, pada umumnya Motor Bakar Torak debedakan menjadi :


1. Motor Bakar Torak Sebaris (in-line)

Gambar di atas menunjukkan bahwa motor yang pistonnya disusun berderet satu sama lain. Model ini adalah desain paling umum, membutuhkan banyak ruang karena panjang blok silinder yang diperlukan untuk tempat torak, terutama pada motor dengan jumlah silinder empat atau lebih dari empat.

2. Motor Bakar Torak V


Silinder ditata dalam bentuk huruf V. poros engkol dapat dibuat lebih pendek dan lebih kompak. Ketika penyalaan (firing) terjadi pada setiap deretan piston dalam satu baris (bank ), mereka membantu untuk menyeimbangkan satu sama lain dan menyediakan kelancaran dalam pengiriman tenaga.

3. Motor Bakar Torak Datar (flat engine)


Kadang-kadang disebut motor boxer atau motor horizontal berlawanan. Pada motor jenis ini, torak ditata mendatar di setiap sisi poros engkol. Ini berarti pada motor empat silinder horizontal berlawanan akan terdapat dua torak di setiap sisi poros engkol. Sebuah mesin datar menyediakan pusat gravitasi rendah dan pergerakan poros engkol relatif singkat karena hanya ada dua piston berdampingan. ini membuat mesin menjadi kompak.

Sekian dulu artikelnya, semoga bermanfaat. tunggu artikel selanjutnya.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Klasifikasi Motor Bakar Torak Berdasarkan Susunan Silinder"

Post a Comment