Motor Empat Langkah

Setelah kita mengetahui prinsip kerja motor dua langkah, sekarang saya akan menjabarakan motor empat langkah. Baikalah, Motor empat langkah membutuhkan empat kali putaran untuk melakukan satu siklus di dalam silinder. Setiap silinder Membutuhkan empat langkah torak/piston pada dua putaran poros engkol untuk melengkapi siklusnya. prinsip kerja motor empat langkah adalah sebagai berikut.


  1. Langkah Hisap, dengan posisi piston di TMA dan berakhir dengan posisi piston di TMB, yang mana menghisap campuran segar ke dalam silinder. Untuk mengingkatkan massa campuran yang dihisap, katup masuk terbuka sesaat sebelum langkah hisap dimulai dan menutup setelah berakhirnya langkah tersebut.
  2. Langkah Kompresi, ketika kedua katup tertutup dimana campuran di dalam silinder dimampatkan dan volumenya diperkecil. Menjelang akhir langkah kompresi, pembakaran diaktifkan dan tekanan silinder naik dengan cepat.
  3. Langkah Daya atau Langkah Ekspansi, dengan posisi torak di TMA dan berakhir di TMB ketika temperatur dan tekanan gas yang tinggi mendorong torak ke awah dan memaksa poros engkol untuk berputar. Ketika piston mendekati TMB, katup buang terbuka untuk mengawali proses buang dan tekanan silinder turun mendekati tekanan buang.
  4. Langkah Buang, dimana sisa gas yang dibakar keluar dari silinder disebabkan tekanan silinder yang pada hakikatnya lebih tinggi dibanding dibanding tekanan buang. gas kemudian di dorong keluar oleh piston ketika bergerak ke arah TMA. Ketika piston mendekati TMA, katup masuk terbuka. Sesaat setelah TMA, katup buang menutup dan siklus berulang ulang terus.
Untuk memperoleh keluaran daya yang lebih tinggi dari ukuran motor yang ditentukan, dan desain katup yang lebih sederhana, dikembangkan siklus dua langkah juga dapat digunakan baik untuk motor pengapian percikan maupun pengapian kompresi.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Motor Empat Langkah"

Post a Comment